Senin, 09 Juni 2014

BAB 8: Analisis Laporan Keuangan Internasional

TUGAS SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL


Analisa laporan keuangan merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevalusi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang.
Karena kebuituhan informasi yang semakin banyak, perusahaan semakin mengungkapkan laporan keuanganyang kredibel. Tentu saja informasi ini akan menarik para investor di bursa efek global. Mekanisme analisis :
  1. Analisis strategi usaha internasional
Analisis ini  lebih terkait lingkungan ekonomi perusahaan tersebut. Analisis ini mengungkap factor pendorong laba dan resiko usaha yang utama sehingga membantu untuk peramalan yang realisitis.
  1. Analisis Akuntansi
Menganalisi laporan keuangan yang dilaporkan perusahaan yang mencerminkan realitas ekonomi. Flesisbilitas dalam pelaporan keuangan merupakan hal penting karena memungkinkan manager untuk melakukan pengukuran akuntansi yang paling mencerminkan keadaan perusahaan.
  1. Analisis Keuangan Internasional
Mengevaluasi kinerja perusahaan di masa kini dan masa lalu dengan menggunaka analisis rasio dan analisis arus kas. Pengaruh pada arus kas akan mengahsilkan keputusan manajemen dan kebijakan keuangan, deviden dan investasi.
  1. Analisis Prospektif arus kas
Peramalan dan penilaian. Berdasarkan strategi perusahaan, catatan akuntansi, dan laporan keuangan.
Keempat tahap ini dipengaruhioleh factor-faktor : akses informasi, ketepatan waktu informasi, hambatan bahasa dan terminology, masalah mata uang asing dan perbedaan jenis dan format laporan keuangan.
Mekanisme untuk Mengatasi
Untuk mengatasi perbedaan prinsip akuntansi lintas Negara, beberapa analis menyajikan ulang ukuran akuntansi asing menurut sekelompok prinsip yang diakui secara internasional atau sesuai dengan dasar lain yang lebih umum. Beberapa yang lain mengembangkan pemahaman yang lengkap atas praktik akuntansi di sekelompok Negara tertentu dan membatasinya analisis mereka terhadap perusahaan-perusahaan yang berlokasi di Negara-negara tersebut.
Sumber :
Choi D.S. Frederick & Meek K. Gary. 2005. AKUNTANSI INTERNASIONAL, EDISI 5 BUKU 2. Jakarta : Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar